Implementasi Metode Modelling the Way dalam Meningkatkan Pemahaman Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Singkawang

  • Wasiah Wasiah Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Purniadi Putra Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan tentang Implementasi metode modelling the way dalam meningkatkan pemahaman pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI  di SMK Negeri 3 Singkawang, dengan sub fokus penelitian bagaimana implementasi dan relevansi metode modelling the way dalam meningkatkan pemahaman pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada aspek perilaku keagamaan. Penelitian ini dilatarbelakangi masih adanya siswa yang hanya memiliki penguasaan materi secara teori, tetapi belum mengaplikasikannya secara praktek khususnya di sekolah,sehingga Guru Pendidikan Agama Islam berusaha mengimplementasikan metode modelling the way dalam pembelajaran agar dapat meningkatkan pemahaman siswa. Implementasi metode modelling the way di SMK Negeri 3  Singkawang oleh guru Pendidikan Agama Islam terdiri dari langkah-langkah persiapan, pelaksanaan dan kendala-kendala penggunaan metode modelling the way. Pembelajaran dalam Pendidikan Agama Islam mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.

References

Agus, Pahrudin. 2017. Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam Di Madrasah. Jakarta: Pusaka Media
Afif, Abdul. 2019. Implementasi Metode Pembelajaran Modelling The Way pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Berkarakter Adiwiyata di Kelas X SMA Negeri 2 Demak http://repository. iainkudus.ac.id/view/year/2019.html
Anggraini. 2004. Penerapan metode modeling the way dalam meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMA Muhammadiyah I Palangka Raya. Digital Library IAIN Palangka Raya is powered by EPrints 3: 2020.
Arnadi. 2019. Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Membudayakan Sikap Pluralisme Agama Pada Peserta Didik, Banyumas : Pena Persada
Darsono, Max, dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.
Departemen Agama RI. 2005. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung : Diponegoro
———, 2005. Pedoman Penyelenggaraan PAI di Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Dirjen Binbaga Islam.
Depdiknas. 2007. Permendiknas no. 16 tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas Pusat.
———, 2003.Undang-Undang No. 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas Pusat.
Dimyati dan Mudjiono (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Bahri, Syaiful dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hadis, Abdul. 2006. Psikologi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Hakim, Thursan. 2005. Belajar Secara efektif. Jakarta: Puspa Swara.
HM. Suparta dan Harry Noer Aly. 2008. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Amisco.
IBTIDA’: 2021. Media Komunikasi Hasil Penelitian Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah p-ISSN: 2722-8452 (Print) Volume 02, No. 01, April 2021, Hal. 89-96 DOI: https://doi.org/10.37850/ibtida’.
Ismail, SM. 2008. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM, Semarang : Rasail Media Group.
Kemdikbud Riset dan teknologi. 2022. Salinan SK Kabadan tentang Perubahan SK 008 tentang Capaian Pembelajaran. hhtp:litbang Kemdibud.go.id
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
———, 2013. Strategi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.

Masnur, Muslich. 2007. KTSP Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Malang: Bumi Aksara.
Masyhuri dan M. Zainuddin. 2008. Metodologi Penelitian (Pendekatan Praktis dan Aplikatif). Bandung : Refika Aditama.
Melvin, L. Silberman. 2011. Active Learning. 10 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sulaiman, Metodologi Pengajaran Menurut Perspektif Filosofis Konservatif Dan Liberal. Jurnal. Azkia. Vol. 5, No. 1. Juli 2010, h. 6.
Sumiati dan Asra. 2007. Metode Pembelajaran. Jakarta: Wacanaprima.
Suprijono, Agus. 2010.Cooperative Learning. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Surya, Mohamad. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syamsul, Arifin. 2008. Psikologi Remaja, Surabaya: Usaha Ofset
S. Winataputra, Udin. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: UT Press.
Tafsir, Ahmat. 2004.Metodologi Pengajaran Agama Islam, Cet. VIII. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Taniredja,Tukiran. 2011.Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
Tilaar, H.A.R. 2002.Pendidikan.Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia; Strategi Reformasi Pendidikan Nasional. Cet. III, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Triyanto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik : Konsep, Landasan Teoritis – Praktis dan Implementasinya, Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Undang Undang RI No.20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas. Bandung : Citra Umbara
Yamin, Martinis . 2007. Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press.
Yusuf, LN Syamsu. 2008. Psikologi Perkembangan anak dan Remaja, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Zaini, Hisyam, Dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Zaini, Nur. 2021 Penerapan Metode Modeling Untuk Mengoptimalkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sholat Fardhu Jurnal IBTIDA’ :Volume 02, No. 01.
Published
2023-10-14
How to Cite
WASIAH, Wasiah; PUTRA, Purniadi. Implementasi Metode Modelling the Way dalam Meningkatkan Pemahaman Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Singkawang. Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 129-138, oct. 2023. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/123>. Date accessed: 17 may 2024. doi: https://doi.org/10.55936/mau`izhah.v12i2.123.