Video dan Efektivitasnya dalam Pembelajaran Maharah Kalam di MI Ma’arif Krakal Kebumen

  • Rosyidah Nur Lailiyah Institut Agama Islam An-Nawawi Purworejo

Abstract

Tujuan penelitian ada dua: (1) untuk mengetahui perkembangan video tema yang digunakan untuk mengajarkan Maharah Kalam kepada siswa kelas IV MI Maarif Krakal Kebumen; dan (2) mempelajari keampuhan video sebagai media pembelajaran mata pelajaran. Dalam penelitian ini, teknik Brog & Gall diterapkan selama fase pengembangan dan penelitian. Langkah-langkahnya meliputi (1) mengumpulkan data dan informasi yang relevan; (2) meletakkan dasar; (3) mengembangkan versi pertama produk; (4) memvalidasi desain; (5) melakukan penyesuaian desain; (6) menguji produk; (7) membuat penyesuaian pada produk berdasarkan umpan balik dari uji coba; (8) melakukan uji kegunaan; dan (10) menerapkan produk. Berdasarkan temuan, video bertema dibuat dengan menggunakan teknik 10 tahapan yang disarankan oleh Borg & Gall. Produk telah diverifikasi oleh sejumlah sumber terpercaya. Pakar di media mengatakan itu bagus, jadi mendapat nilai "B". Hasil validasi materi ahli di kelas B. Persetujuan guru adalah B yang solid. Kajian dan temuan menunjukkan bahwa produk video bertema MI Maarif Krakal Kebumen layak digunakan dalam pengajaran Maharah Kalam kepada siswa kelas IV. Eksperimen tersebut memberikan bukti bahwa peneliti benar dalam mengasumsikan bahwa tes sebelum dan sesudah akan berbeda. Eksperimen menemukan bahwa thitung = 2,250 > ttabel=2,048 setelah memeriksa data berdasarkan hipotesis nol atau perbedaan rata-rata antara kedua kelompok. Hipotesis “Pengembangan video tematik dalam Pembelajaran Maharah Kalam untuk Siswa Kelas IV MI Maarif Krakal Kebumen” diterima dan video tematik efektif sebagai media dalam pembelajaran Maharah Kalam untuk Siswa kelas IV MI Maarif Krakal Kebumen ditolak karena terletak pada wilayah Ho dari distribusi pengujian hipotesis.

References

Abdul Mu’in. 2004. Analisis Kontrastif Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia, (Telaah Terhadap Fonetik dan Morfologi). Jakarta : Pustaka Al-Husna Baru.
Acep Hermawan. 2009. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
Aqib Zainal. Dkk. 2009.Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru.Bandung: Yrama Widya.
Conny R. Setiawan. 2007. Penelitian dan Pengambangan Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Kencana Predana Group.
Effendy. 2009. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Sukarwanti Arikanto. 1988. Penilaian Program Pendidikan. Jakarta: PT. Bina Aksara.
Widodo. 2002. Kamus Ilmiah Populer. Yogyakarta: Absolut.
Wojowasito. 1976. Kamus; Inggris-Indonesia. Bandung: C.V, Pengarang.
Sri Hayati, Research and Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian dalam Bidang Pendidikan. Jurnal R&D, Vol. 37, No. 1 September 2012.
Sulastri, Pengembangan Media Pembelajaran Arabic Thematic Video Pada Keterampilan Berbicara Bagi Siswa Kelas VIII MTS. Journal of Arabic Learning dan Teaching, Vol. 5. No 1. 2016.
Published
2023-10-24
How to Cite
LAILIYAH, Rosyidah Nur. Video dan Efektivitasnya dalam Pembelajaran Maharah Kalam di MI Ma’arif Krakal Kebumen. Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 87-100, oct. 2023. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/133>. Date accessed: 17 may 2024. doi: https://doi.org/10.55936/mau`izhah.v13i1.133.