Pendidikan Santriwati Melalui Minat Literasi

  • Uswatun Hasanah Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien
  • Farida Farida

Abstract

Penelitian ini meneliti minat literasi santriwati kelas akhir dengan tujuan untuk mendeskripsikan minat literasi santriwati kelas akhir di Pondok Pesanten TMI dan Ma’had Tahfidz Al-Qur’an Putri Al-Amien yang dijabarkan dalam dua fokus yaitu: 1. Bagaimana Minat Literasi Santriwati Kelas Akhir di Pondok Pesantren TMI dan Ma’had Tahfidh Al-Qur’an Putri Al-amien Prenduan, 2. Apa saja Faktor pendukung dan penghambat Minat Literasi Santriwati Kelas Akhir di Pondok Pesantren TMI dan Ma’had Tahfidh Al-Qur’an Putri Al-Amien Prenduan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif-deskriptif dengan jenis penelitian fenomenologis. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa, minat literasi santriwati kelas akhir ada enam, yaitu: Antusiasme santriwati kelas akhir, penanaman minat literasi santriwati kelas akhir, kegiatan literasi santriwati kelas akhir, strategi ustadzah dalam menumbuhkan minat literasi, batas waktu dalam pembuatan karya ilmiah atau literasi dan capaian yang diraih oleh santri niha’ie. Sedangkan penghambat dan pendukung dalam minat literasi santriwati kelas akhir yaitu yang pertama, adanya kesadaran dan kemauan yang tinggi(pendukung), yang kedua yaitu dalam mengatur waktu dan kendala fasilitas(penghambat).

References

Asnawi, S. (2015). Semangat Kerja Dan Gaya Kepemimpinan. Jurnal Psikologi, 1(2).
Ati, A. P., & Sigit, W. (2017). Peran Literasi Bahasa Dalam Meningkatkan Minat Baca Dan Menulis Pada Siswa SMP Kota Bekasi. Universitas Indraprasta PGRI Jakarta.
Bakri, M. N. (2022). Analisis Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sarana Menumbuhkan Minat Membaca Siswa Di SDN Gemarang 7. Jurnal Riset Pendidikan Dasar 65-73, 5(1).
Baynham, M. (1995). Literacy Practices: Investigating Literacy in Sosial Contexts. Longman.
Gong A, Gol, dan A. M. I. (2012). Gempa Literasi Dari Kampung Untuk Nusantara. Kepustakaan Populer Gramedia.
Herman. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Literasi Di Madrasah. At-Tafkir Jurnal Pendidikan, Hukum Dan Sosial Keagamaan, 13(2).
Masni, H. (2015). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Dikdaya, 5(1).
Maulina, E. (2019). Strategi Dan Tantangan Peningkatan Minat Baca Siswa Di SMP Babul Maghfirah Aceh Besar. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh.
Putri, A. N. (2019). Studi Fenomenologi Tentang Program Pemberdayaab Masyarakat Melalui Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Mata Aksara Di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Universitas Airlangga.
Rahim, H Abd Rahman, dan E. R. (2016). Manajemen Strategi. Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makassar.
Rohim, D. C. (2020). Peran Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3).
Samad, Duski, dkk. (2022). Peningkatan Kualitas Literasi Mahasiswa Pascasarjana(S2) Program Studi Pendidikan Agama Islam (Studi Fenomenologi Di PTKIN Sumatera Barat). Jurnal Pendidikan Islam, 5(1).
Sandra, Kusnul Ika, dan M. A. D. (2013). Manajemen Waktu, Efikasi-Diri Dan Prokrastinasi. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia, 2(3).
Sutrisna, D. (2018). Meningkatkan Kemampuan Literasi Mahasiswa Menggunkan Google Classroom. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Dan Indonesia, 13(2).
Wahyudi, I. (2022). Pembentukan Literasi Dan Kemandirian Belajar Era Merdeka Belajar, Studi Fenomenologi Pada Homeschooling Sinta Dan Sumardiono.
Wiedarti, dkk. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Dirjen Dikdasmen Kemendikbud RI.
Published
2023-11-04
How to Cite
HASANAH, Uswatun; FARIDA, Farida. Pendidikan Santriwati Melalui Minat Literasi. Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 101-110, nov. 2023. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/139>. Date accessed: 17 may 2024. doi: https://doi.org/10.55936/mau`izhah.v13i1.139.