IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN PERILAKU ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA

  • Elia Elia STIT Syekhburhanuddin Pariaman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan
pengembangan perilaku anak usia dini melalui metode
bercerita di PAUD ABA Aisiyah Rambai, Penelitian ini
mengambil lokasi di PAUD ABA Aisiyah Rambai Kota
Pariaman Selatan Sumatera Barat. Bentuk penelitian ini adalah
penelitian kualitatif dengan menggunakan strategi penelitian
studi lapangan. Pengumpulan data diperoleh dari hasil
wawancara dan observasi. Yang menjadi informan adalah
peserta didik, orang tua dan pendidik dari PAUD ABA Aisiyah
Rambai. Teknik analisis data menggunakan analisis data
interaktif dari reduksi data, analisis dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1)
Pengembangan perilaku anak usia dini melalui metode
bercerita dilaksanakan dalam pembelajaran di PAUD ABA
Aisiyah Rambai. Salah satu PAUD yang rutin melaksanakan
metode bercerita sebagai salah satu metode pembelajaran
dengan tujuan mengembangkan perilaku anak adalah PAUD
Aisiyah Rambai yang berada di Pariaman Selatan. (2) Adanya
peningkatan perilaku peserta didik kearah positif dan sesuai
harapan. (3) Diperoleh kendala dalam pelaksanaan
pengembangan perilaku anak usia dini melalui bercerita.
Diantaranya; (a) keluwesan guru masih diperlukan pelatihan
dalam hal menguasai teknik bercerita yang menarik dan
inovatif dalam pelaksanaan metode bercerita. (b) Dukungan
orang tua yang masih inkonsisten dalam pengembangan
perilaku anak melalui metode bercerita.