Peran Kepemimpinan Mudir Ma’had dalam Mendisiplinkan Mahasiswi Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan

  • Yusfar Ramadhan Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien
  • Safira Afrida Samputri Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien
  • Uswatun Hasanah Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien

Abstract

Penelitian ini mengkaji peran dan strategi Mudir Ma’had Lil Banat dalam mendisiplinkan mahasiswi Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan. Pemimpin, dalam konteks ini adalah mudir ma’had, yang memiliki kedudukan tinggi dan strategis dalam pondok pesantren. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam konteks kepemimpinan, Mudir Ma’had Lil Banat dianggap berhasil dalam menjalankan perannya. Beliau tidak hanya memberikan arahan dan memastikan pelaksanaan peraturan, tetapi juga berperan sebagai motivator yang memberikan nasehat dan dorongan kepada mahasiswi. Pemimpin ini memainkan peran kunci dalam mengarahkan, mendisiplinkan, dan membina mahasiswi, serta memiliki kemampuan managerial yang mumpuni. Peran kepemimpinan Mudir Ma’had Lil Banat sangat penting dan berpengaruh dalam menciptakan lingkungan yang kondusif dengan pendekatan disiplin, baik melalui pembinaan maupun pendekatan hukuman, Mudir berupaya menciptakan kehidupan bersama yang tertib dan menciptakan kepribadian mahasiswi yang baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mudir Ma’had Lil Banat tidak hanya menjalankan disiplin dengan pemaksaan atau hukuman, tetapi juga dalam membentuk kepribadian melalui pembinaan dan motivasi. Peran kepemimpinan ini didukung oleh kesadaran diri mahasiswi, ketaatan terhadap aturan, dan upaya menciptakan lingkungan kondusif.

References

Amelia, M., & Aprianti, E. (2020). Peran orang tua dalam perkembangan bahasa terhadap membaca anak usia dini. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(6), 527–536.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT.Rineka Cipta.
Asropi, J. (2021). PERAN PENGURUS DALAM MENDISIPLINKAN DAN MEMOTIVASI SANTRI DI MA’HAD AL-JAMI’AH ULIL ABSHAR IAIN PONOROGO.
Daswati. (2012). Implementasi peran kepemimpinan dengan gaya kepemimpinan menuju kesuksesan organisasi. Academica Fisip Untad, 04(01), 783–798.
DAWATI, E. (2020). PERAN MUSYRIFAH DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN MAHASISWI DI ASRAMA PUTRI MA’HAD AL-JAMI’AH IAIN PADANG SIDIMPUAN. PRODI BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PADANGSIDIMPUAN.
Encep Syarifudin. (2004). TEORI KEPEMIMPINAN. AlQalam, 21(102).
Hakim, A. R. (2018). Peran Pemimpin Dalam Pembinaan Akhlak Santri Di Pondok Pesantren Bustanul Muttaqin Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan.
Kurniawan, M. I. (2020). Upaya Mudir Dalam Membentuk Generasi Qur’ani Di Ma’had Bait At-Tanzil Tulung, Klaten Tahun Ajaran 2020/2021.
LANTAEDA, S. B., LENGKONG, F. D., & RURU, J. (2017). PERAN BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH DALAM PENYUSUNAN RPJMD KOTA TOMOHON. JAP: Jurnal Administrasi Publik, 4(48).
Maemonah, S. (2014). Analisis peran kepemimpinan dalam upaya kebangkitan kembali di KSPS BMT Ben Taqwa Purwodadi. UIN Walisongo Semarang.
MUTI’, I. (2021). PERAN PENGASUH PONDOK DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN IBADAH SANTRI DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN MAN ANAABA KARTASURA, SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2020/2021. IAIN-Surakarta.
SELVIANA. (2019). KARAKTERISTIK KEPEMIMPINAN MUDIR MA’HAD AL-JAMI’AH IAIN BENGKULU. FAKULTAS USHULUDDIN, ADAB DAN DAKWAH INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI BENGKULU.
Sholihah, M., & Muslih, M. (2019). Gaya Kepemimpinan Karismatik KH Muhammad Dawam Saleh dalam Manajemen Pondok Pesantren Al Islah Sendangagung Paciran Lamongan. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2).
Siti Masruroh. (2012). Upaya Peningkatan Kedisiplinan Masuk Kegiatan Belajar Mengajar Melalui Layanan Konseling Individu Pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 4 Surakarta Semester Satu Tahun 2011/2012.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Widarto. (2013). Kepemimpinan (Leadership).
Wiyono, Y. (2016). PERAN KEPALA MADRASAH DALAM PENGELOLAAN ADMINISTRASI DI MI MA’HAD ISLAMY PALEMBANG. UIN Raden Fatah Palembang.
Published
2023-12-04
How to Cite
RAMADHAN, Yusfar; SAMPUTRI, Safira Afrida; HASANAH, Uswatun. Peran Kepemimpinan Mudir Ma’had dalam Mendisiplinkan Mahasiswi Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan. Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 132-141, dec. 2023. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/148>. Date accessed: 17 may 2024. doi: https://doi.org/10.55936/mau`izhah.v13i1.148.