Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Pada Siswa Menengah Atas

  • Maulininsyah Maulininsyah Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka
  • M. Askari Zakariah Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka
  • Muh. Iqbal Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka
  • Muh. Iqbal Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka

Abstract

Salah satu peran utama pendidikan nasional adalah membentuk karakter peserta didik. Dalam proses pembentukan karakter, penting untuk memperkuat pemahaman moderat sejak dini dengan menanamkan nilai-nilai moderasi beragama melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Selain itu, internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dapat membantu menumbuhkan sikap saling menghargai dan semangat nasionalis dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan dalam merangsang pemahaman peserta didik terhadap nilai-nilai moderasi beragama adalah dengan mengembangkan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Dalam penelitian ini, digunakan jenis penelitian Pengembangan atau Research and Development dengan menerapkan Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation), dengan fokus pada kelas X SMAN 1 Latambaga Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar Pendidikan Agama Islam berbasis moderasi beragama telah berhasil melewati tahap validasi oleh validator ahli dengan nilai 3,6. Skor tersebut menunjukkan bahwa buku ajar tersebut terkategori sebagai "valid". Dalam segi praktisitas, evaluasi dari observer menyatakan bahwa penggunaan buku ajar ini berada dalam kategori 3,7, atau dapat dikatakan sebagai kategori praktis. Secara keseluruhan, tingkat efektivitas buku ajar ini dinilai dengan menggunakan Tes hasil belajar pre-test dan post-test, yang menghasilkan N-Gain sebesar 0,55, dan dikategorikan sebagai tingkat peningkatan sedang. Oleh karena itu, buku ajar Pendidikan Agama Islam berbasis moderasi ini dapat dianggap efektif untuk digunakan dalam mendukung proses pembelajaran peserta didik.

References

Adri, A., Anhar, A., Rafiq, M., & Darman, I. H. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Pendidikan Multikultural Untuk Membentuk Sikap Moderasi Beragama. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 22(1), 80-94.
Akbar, M., Arismunandar, A., & Sinring, A. (2022). Design Character Building Model Based Islam for the Prisoners. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 9(2), 263-269. http://dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v9i2.3419
Doko, A. B. (2023). Moderasi Beragama Sebagai Landasan Toleransi dalam Kehidupan Masyarakat Majemuk. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Keagamaan, 1, 65-70.
Endang Mulyatiningsih. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan & Teknik. (Cet.1 Yogyakarta: UNY Press).
Fatmawaty, F., Zakaria, M., & Hartono, H. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Kelas X di SMA IT Wahdah Islamiyah Pomalaa. Journal on Education, 5(4), 11334-11344. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2074
Iqbal, M., & Arifin Ahmad, A. (2020). Development of Scientific Based Islamic Religious Education Learning Devices at Junior High School. Solid State Technology, 63(5), 9834-9840.
Krismawati, N. U. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Penulisan Sejarah Berbasis Model Project-Based Learning. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(2), 156-170.
Muhaimin. (2001). Paradigma Pendidikan Islam (Upaya Mengefektifkan Agama Islam di Sekolah). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arifin, Muhammad. (2021). Teologi Rasional : Persfektif Pemikiran Harun Nasution. (Cet.1, Banda Aceh: Lembaga Kajian Konstitusi Indonesia).
Novita, N., Zakariah, M., & Akbar, M. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Nilai Religius Untuk Meningkatkan Moral Siswa (Studi Pada Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Al Mawaddah Warrahmah Kolaka). Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 8711-8729.
Nusa Putra. (2019). Research and Development “Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar”. Depok: Rajawali Pers
Rahman, E. S., Sari, T. T., & Meita, N. M. (2019). PengembanganBukuSaku Tematik Sd Berbasis Kearifan Budaya Lokal. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 70–78. https://doi.org/10.24929/alpen.v3i2.28
Rahmat, A. (2023). Internalisasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 55-66.
Published
2024-02-17
How to Cite
MAULININSYAH, Maulininsyah et al. Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Pada Siswa Menengah Atas. Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman, [S.l.], v. 14, n. 1, p. 1-9, feb. 2024. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/189>. Date accessed: 30 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.55936/mau`izhah.v14i1.189.
Section
Articles