IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR DI KOTA PARIAMAN
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah (1) Mengidentifikasi, menggambarkan, dan mengkaji pemahaman kepala sekolah dan pengawas dalam pembelajaran terhadap peranannya sebagai pengawas sekolah, (2) Mengidentifikasi, menggambarkan, dan mengkaji pemahaman guru terhadap peranan kepala sekolah dan pengawas sebagai pengawas sekolah, (3) Mengidentifikasi, menggambarkan, dan mengkaji hubungan antara guru dengan kepala sekolah dan pengawas pembelajaran sebagai pengawas sekolah dalam upaya memperbaiki pembelajaran di SD, (4) Menggambarkan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh kepala sekolah dan pengawas pembelajaran sebagai pengawas sekolah dalam upaya memperbaiki pembelajaran di SD, (5) Mengetahui format yang digunakan kepala sekolah dan pengawas dalam melaksanakan pengawasan akademik. Metode penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian mengambarkan bahwa Supervisi akademik adalah serangkaian kegiatan membantu guru mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran demi pencapaian tujuan pembelajaran Selain itu,supervisi akademik juga merupakan upaya untuk membantu guru-guru mengembangkan kemampuannya mencapai tujuan pembelajaran. Dengan demikian, esensi supervisi akademik itu sama sekali bukan menilaiunjuk kerja guru dalam mengelola proses pembelajaran, melainkan membantu guru mengembangkan kemampuan profesionalismenya. Meskipun demikian, supervisi akademik tidak bisa terlepas dari penilaian unjuk kerja guru dalam mengelola pembelajaran.