PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN MENGGUNAKAN METODE GUIDED NOTE TAKING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

  • Imratul Handayani STAI Imam Bonjol Padang Panjang

Abstract

Kedudukan matematika sebagai salah satu mata pelajaran wajib dijenjang pendidikan, penguasaan yang baik terhadap pelajaran matematika sangat diperlukan. Keikutsertaan siswa dalam pembelajaran membantu siswa memahami pelajaran. Pembelajaran yang diperkirakan mampu untuk mengaktifkan siswa dalam belajar adalah metode Active Learning.. Metode Active Learning mengkoordinir kebutuhan siswa yang mempunyai kemampuan belajar yang berbeda-beda (visual, audiotori, dan kinestik) karena siswa terlibat langsung. Metode Active Learning yang dapat digunakan adalah merode Active Learning tipe Guided Note Taking. Tipe Guided Note Taking adalah teknik untuk membuat catatan-catatan yang dipahami oleh siswa dengan bimbingan guru. Bertujuan agar siswa memahami dan menguasai serta meningkatkan daya ingat terhadap pelajaran matematika. Siswa diharapkan agar perhatian terpusat pada pelajaran yang dipelajari, sehingga siswa mampu meningkatkan pemahaman terhadap materi pelajaran.

Published
2020-12-16
How to Cite
HANDAYANI, Imratul. PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN MENGGUNAKAN METODE GUIDED NOTE TAKING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 35 - 46, dec. 2020. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/34>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.55936/mauizhah.v10i2.34.