PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN MENGGUNAKAN METODE GUIDED NOTE TAKING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Abstract
Kedudukan matematika sebagai salah satu mata pelajaran wajib dijenjang pendidikan, penguasaan yang baik terhadap pelajaran matematika sangat diperlukan. Keikutsertaan siswa dalam pembelajaran membantu siswa memahami pelajaran. Pembelajaran yang diperkirakan mampu untuk mengaktifkan siswa dalam belajar adalah metode Active Learning.. Metode Active Learning mengkoordinir kebutuhan siswa yang mempunyai kemampuan belajar yang berbeda-beda (visual, audiotori, dan kinestik) karena siswa terlibat langsung. Metode Active Learning yang dapat digunakan adalah merode Active Learning tipe Guided Note Taking. Tipe Guided Note Taking adalah teknik untuk membuat catatan-catatan yang dipahami oleh siswa dengan bimbingan guru. Bertujuan agar siswa memahami dan menguasai serta meningkatkan daya ingat terhadap pelajaran matematika. Siswa diharapkan agar perhatian terpusat pada pelajaran yang dipelajari, sehingga siswa mampu meningkatkan pemahaman terhadap materi pelajaran.