KAJIAN PEMBELAJARAN GERAK DAN LAGU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA DINI

  • Lidia Nusir STIT Syekhburhanuddin Pariaman
  • Rita Malini STIT Syekhburhanuddin Pariaman

Abstract

Perkembangan kecerdasan anak usia dini yang harus dimiliki anak salah satunya adalah kecerdasan kinestetik. Indikator Perkembangan Kecerdasan Kinestetik yaitu melakukan gerakan tubuh secara terkoordinasi untuk melatih kelenturan, keseimbangan dan kelincahan serta melakukan gerak kaki, tangan, kepala dalam menirukan tarian atau senam dan terampil menggunakan tangan kanan dan kiri. Hal ini bisa dikembangkan melalui kegiatan gerak dan lagu. Melalui gerak dan lagu diharapkan menjadi salah satu cara yang efektif untuk anak bisa mengekspresikan diri. Hal ini tidak luput dari peran seorang guru sebagai mediator dan fasilitator dalam mewujudkan Pelaksanaan Pembelajaran yang menyenangkan melalui Gerak dan Lagu sehingga dapat Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini.

References

Al-Qur’an danTerjemahnya,Departemen Agama R I, Bandung, CV Darus Sunnah, 2015
Al Hakim, Roby Maulana. “ Pengembangan Fisik Motorik Melalui Gerak Tari di Kelompok B RA DWP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta”.Jurnal Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. No. 1.Vol. 3. 2018.
Aesijah, Siti. &EkoRaharjo.“Kreatifitas Guru Dalam Pembelajaran Musik di Taman Kanak-Kanak (TK) KemalaBhayangkari 62 Boyolali”.Jurnal Seni Musik. No. 2.Vol. 6. 2017..
Gardner, Howard. Multiple Intellgences Teori dan Praktek. Tanggerang: Interaksara.2013.
Kamtini.&Tanjung, H.W. Bermain Melalui Gerak dan Lagu Di taman Kanak-Kanak. Jakarta : Depdiknas.2005.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.Bermain Musik dan gerak, Jakarta,2020.
Mansur. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Jakarta :Pustaka Belajar.2007
Nisa, EisFilhatin, “Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Anak Melalui Gerak dan Lagu di TK Widya Bhakti TanjungSenang Bandar Lampung”. Skripsi.JurusanPiaud ,Fak. Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan, Lampung.
Ningsih, Windy Agustin, “Pengaruh Gerak dan Lagu Terhadap Kecerdasan Kinestetik Anak Kelompok B di TK Tunas Muda Kecamatan Bahar Selatan”. Skripsi.Prodi PG-PAUD, Fak.KeguruandanIlmuyPendidikan. Universitas Jambi.
Patriana, Vinna, dkk. “Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Gerak dan Lagu Pada Anak Kelompok B di Paud Terpadu Bon Thorif Palembang”. Skripsi.PG-PAUD. Fak.KeguruandanIlmuPendidikan.Universitas Sriwijaya.
Samsudin.Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT. Fajar Interpratama.2008.
Sandor, Frigyes .9 Penerapan Gerak dan Lagu.JayagiriLembang : P2PNFI Press.1975.
Sandor. 2009. Pengertian Metode Bermain. Diperoleh 10 September 2020 dari: http://jurnal.upi.edu/file/22-pengertian-metode-bermain.html.
Satia, WiraIndra. Membangun Kebugaran Jasmani dan Kecerdasan Melalui Bermain.Jakarta : Depdiknas.2016.
Triana, Dinny Devi, Alat Ukur Kecerdasan Kinestetik Dalam Tari, Yogyakarta: Deepublish, 2020
Published
2020-12-16
How to Cite
NUSIR, Lidia; MALINI, Rita. KAJIAN PEMBELAJARAN GERAK DAN LAGU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA DINI. Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 47 - 82, dec. 2020. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/35>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.55936/mauizhah.v10i2.35.