KAJIAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DALAM KEGIATAN BERMAIN ADONAN SABUN

  • Misbah Laila STIT Syekhburhanuddin Pariaman
  • Neni Triana STIT Syekhburhanuddin Pariaman

Abstract

Masalah penelitian ini adalah bagaimana hubungan kegiatan bermain adonan sabun dengan kreativitas pada anak usia dini. Kreativitas sangat penting bagi perkembangan anak secara keseluruhan. Anak usia taman kanak-kanak masih sering mengalami kesulitan dalam kegiatan perkembangan kreativitas: mewarnai kaligrafi, dimana rata-rata hasil mawarnai anak hampir sama dengan yang dicontohkan guru. Begitupun dalam pengembangan kreativitas lainnya, membuat bunga-bunga dengan palstisin anak-anak hanya mampu menirukan bunga-bunga yang dicontohkan guru.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Kepustakaan (Library Research) yang dilakukan dengan mengumpulkan data-data atau berdasarkan karya tulis ilmiah yang menghubungkan penelitian dengan literatur yang ada untuk memecahkan suatu masalah, yaitu dengan mengumpulkan data-data dan mengkaji bahan-bahan kepustakaan yang digunakan antara lain; buku-buku teks, jurnal ilmiah, hasil-hasil penelitian dalam bentuk skripsi, dan internet, serta sumber-sumber lainnya yang relevan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubngan kegiatan bermain adonan sabun terhadap kreativitas anak usia dini.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa kreativitas anak perlu dikembangkan, karena menjadikan anak lebih kreatif, bisa memecahkan masalah, memberi solusi dan dapat memberikan manfaat yang dilakukan melalui kegiatan bermain adonan sabun dan membantu anak menuangkan ide-ide atau bakat yang dimilki anak untuk memberikan pengalaman bagi anak dalam bermain adonan sabun menjadi benda-benda yang bisa dimanfaatkan serta membantu meningkatkan kreativitas pada anak.

References

Fathoni, Abdurahmat. (2011). Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi, Jakarta :Rineka Cipta.
Hartati, Sugi. (2013). Seni Ukir Sabun teknik dasar dan ide kreasi cantik.Yogyakarta. ANDI OFFSET
Latief, Abdul. (2004). Membuat Aneka Kreasi dari Sabun. Jakarta: PuspaSwara.
Musfiroh, Tadkiroatun.KreativitasAnak Usia Dinidan Implikasinyadalam Pendidikan. pada tanggal 9 Januari 2019 jam 16.00 Wib.
Nazir, Moh. (2014). Metode Penelitian, Bogor :Ghalia Indonesia.
Purnama, Sigit dkk . Pengembangan alat permainan edukatif anak usia dini, Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Sari, Mirna. (2016). PeningkatanKreativitas Anak Melalui Bermain Plastisindi TK Satu Atap SDN Lamlheu Kabupaten Aceh Besar.Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), Hal 131-135. Diunduh pada tanggal 9 Januari 2019 jam 15.00 Wib.
Sari, Dynna WahyuPerwita. Pengaruh Bermain Plastisin Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Ditinjau dari Bermain Secara Individu dan Kelompok. Di unduh pada tanggal 20 september 2019 jam 11.15 Wib.
Windasari, Wiwik, dkk. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Proyek. Diunduh pada tanggal 10 januari 2019 jam 15.30 Wib.
Published
2020-12-16
How to Cite
LAILA, Misbah; TRIANA, Neni. KAJIAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DALAM KEGIATAN BERMAIN ADONAN SABUN. Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 83 - 106, dec. 2020. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/36>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.55936/mauizhah.v10i2.36.