MANAJEMEN PENDIDIKAN TAHFIDZ SEKOLAH DASAR DI LUBUK SIKAPING

  • Rosi Yulita STAI-YDI Lubuk Sikaping
  • Yuslinar Yuslinar STAI-YDI Lubuk Sikaping

Abstract

Pelaksanaan pendidikan Islam pada sekolah unggulan, menonjolkan pada penanaman pendidikan karakter di dalamnya. Penanaman pendidikan karakter pada lembaga pendidikan, diwarnai dengan munculnya sistem full day school pada sekolah-sekolah Islam. Kemunculan full day school tentu menjadi sorotan, bahwa pendidikan Islam begitu luwes dan memiliki keluasan dalam mengembangkan sistem penyelenggaraannya. Pendidikan Islam mampu menyiasati situasi dengan melakukan transformasi diri. Bahkan, semakin terintegrasi dengan pendidikan internasional. Yaitu, tradisi pendidikan yang ada di Eropa yang menggunakan praktik full day school dalam penyelenggaraan pendidikan. Dinamika yang pernah dan mungkin saja akan dialami oleh pendidikan Islam menunjukkan bahwa pendidikan Islam senantiasa berorientasi pada prestasi dan berdaya saing.
Untuk mengatasi ini pemerintah paaman mengeluarkan undang undang tentang bagimana agar anak anak di pasaman jug di sentuh dan diberi pemahaman pendidikan AL Quran. Pembelajara tahfidz biasanya sangat ditekankan di sekolah sekolah yang berlandaskan agama Islam seperti pesantren Madrasaha dan juga SD IT di Indonesia. Untuk memenuhi kebutuhab tahfidz di sekolah sekolah dasar yang di bawah naungan pendidikna makakeluarlah surat keputusan dari Bupati Pasaman untuk memberikan pembelajarn Tahfiz di sekolah sekolah dasardi seluruh Pasaman

References

Agama Kementrian (2015), Membumikan Peradaban Tahfiz al-Quran, Jakarta Timur: Balai penelitian dan Pengembangan Agama
Daryanto, H.M.,(2013),Administrasi dan Manajemen Sekolah, Jakarta:RinekaCipta.
Depdiknas,(2001), Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Buku, Konsep dan Pelaksanaan, Jakarta:Balitbang. Depdiknas.
Eny Nilawati,(2017),Tahfiz Al-Quran dan Tadabbur, Sidoarjo: Nizami Learning Center
Muhammad Faturrahman,(2017), Islam Kajian Telaah Tafsir Al-Quran, Yogyakarta:
Garudawacha
Hidayat Arif, (2013) Panduan Cepat Membaca Al-Quran, Jakarta: Pustaka Makmur
Kementrian Agama(2015), Membumikan Peradaban Tahfiz Al-Qur’an, Jakarta Timur: Balai Penelitian Dan Pengembangan Agama
Muhammad Ahmad Abdullah, (2009), Metode Cepat Dan Efektif Menghafal Al-Quran Al-Karim, Jogjakarta: Garailmu
Mukhyaruddin, (2013),Rahasia Nikmatnya Menghafal Al-Quran, Jakarta:Mizan Publika
Raisya Maula Ibnu Rusyd, (2019), Panduan Praktis & Lengkap Tahsin Tajwid Tahfizh, Yogyakarta:Laksana
Ramayulis, (2008), Ilmu Pendidikan Islam Islam, Jakarta :Kalam Mulia
Sa‟Dulloh (2005), 9 Cara Praktis Menghafal Al-Quran , Sumedang
Suardi. Moh, (2012), Belajar Dan Pembelajaran, Jogjakarta : Budi Utama
Surat edaran , Bupati Pasaman, Nomor : 420 / 060 / SE / KESRA-2017
Suwartono, (2014), Dasar-Dasar Metodologi Penelitian, Yogyakarta;CV. ANDI OFFSET
Tirtarahardja Umar (2005), Pengantar Pendidikan,Jakarta: Rineka Cipta
Yahya bin abdurrazzaq al-Ghautsani,(2003), Cara Mudan Dan Cepat Menghafal Al-Quran, Jakarta:PUSTAKA IMAM ASY-SYAFI‟I
Yusuf Qardhawi ,(1999), Berinteraksi Dengan Al-Qur’an, Jakarta : Gema Insani Press
Published
2020-12-16
How to Cite
YULITA, Rosi; YUSLINAR, Yuslinar. MANAJEMEN PENDIDIKAN TAHFIDZ SEKOLAH DASAR DI LUBUK SIKAPING. Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 107 - 126, dec. 2020. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/37>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.55936/mauizhah.v10i2.37.