INOVASI PENDIDIK PAI DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI KABUPATEN PADANG PARIMAN

  • MARFIYANTI MARFIYANTI STIT Syekhburhanuddin Pariaman
  • Saparia Fitriani STIT Syekhburhanuddin Pariaman
  • Lona Maulida STIT Syekhburhanuddin Pariaman

Abstract

Pendidik merupakan orang yang akan melakukan proses pembelajaran kepada peserta didik, untuk mencapai tujuan pendidikan, untuk mencapai tujuan pendidikan merupakan suatu hal cukup pelik, karena ketepatan memilih model akan menjadikan meteri yang akan disampaikan itu sampai secara baik dan peserta didik mampu memahaminya sesara tepat.Salah satu model pembelajaran yang bisa digunakan adalah model pembelajaran advace organizer, di samping banyak model lain yang digunakan untuk menyampaikan materi ajar. Kecendrungan penggunaan model ini merupakan salah satu solusi untuk bisa mengkafer situasi dan kondisi peserta didik, terutama sekali sesuai dengan tuntutan zaman, sehingga mengharuskan pendidik terus berinovasi untuk menggunakan model pembelajaran, pada kondisi saat ini peserta didik diharapkan lebih aktif dan bisa memahami materi ajar dalam waktu cepat. Untuk mencapai tuntutan kurikulum, agar bisa dilaksanakanya evaluasi hasil belajar sesuai waktu yang tersedia. Jadi model pembelajaran pada dasarnya merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru. Seorang guru dituntut dapat memahami dan memiliki keterampilan yang memadai dalam mengembangkan berbagai model pembelajaran yang efektif, kognitif, psikomotorik salah satunya dengan menggunkan Model Pembelajaran Advance Organizer. Model pembelajaran Advance Organizer merupakan suatu cara belajar untuk memperoleh pengetahuan baru yang dikaitkan dengan pengetahuan yang telah ada pada pembelajaran, yang artinya setiap pengetahuan mempunyai struktur konsep tertentu yang membentuk kerangka dari sistem pemprosesan informasi yang dikembangkan dalam pengetahuan (ilmu) itu. Bisa dikatakan Advance Organizer adalah membuat rancangan konsep atau prinsip yang umum, tetapi komperehensif dalam aktivitas belajar yang sudah terduga. Sehingga cocok sekali digunakan dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Sesuai dengan hasil penelitian yang dilakuakn oleh lona maulida di SMA 2 Sungai Limau Kabupaten Padang pariaman, tentang adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Advace organizer terhadap keterampilan berfikir kritis Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas XI IPA dan juga akan berpengaruh positif kepada hasil belajar peserta didik.

References

Arends, Richard I, Learning To Teaching. Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2008.
Arends, Richard l, Classroom Instructional Management. New York, The Mc Graw-Hill Company, 1997.
Bakar, Abu, Sejarah Hidup KHA. Wahid Hasyim dan Karangan Tersiar, Jakarata, 1975.
Dahar, Ratna Wilis, Teori-teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Erlangga, 2011
Darajat Zakiyah, et.al., Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta, Bumi Aksara, Cet. II, 1992.
Degeng, I Nyoman Sudana. Ilmu Pengajaran Taksonomi Variabel, Jakarta : Depdikbud, 1989
Hamalik, Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta, Bumi Aksara, 1995.
Halamid, Abdul, Teori Belajar dan Pembelajaran. Buku, Program Pascasarjana Negeri Medan, 2009.
Hassoubah, Zaleha Izhab, Mengasah Pikiran Kreatif dan Kritis. Bandung, Nuansa, 2007.
Helmiati, Model Pembelajaran, Yogyakarta: Aswaja Persindo, 2012
Indrawati, Perencanaan Pembelajaran Fisika: Model-Model Pembelajaran Implementasinya Dalam Pembelajaran Fisika. Jember: Kemendikbud Universitas Jember, 2011
Joyce, Bruce, et.al., Model Of Teaching. Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2009.
Johnson, Elaine B, Contextual teaching and Learning. Bandung, Mizan Learning Centre(mlc), 2009.
Johnson, Elaine B, Contextual Teaching and Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna : terj, Ibnu Setiawan. Bandung, Kaifa, 2010.
Muhaimin dan Majid, Abdul, Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung, Trigenda Karya, 1993.
Nasional, Departemen Pendidikan, Kurikulum Berbasis Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Sekolah Menengah Umum. Jakarta; 2002.
Nur, Muhammad, et.al., Teori-teori Pembelajaran Kognitif. Surabaya, University Press, 2004.
Nurdin, Syafruddin dan Andriantoni, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Press, 2019
Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2005
Suwarma, Dina Mayadiana, Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jakarta, Cakrawala Maha Karya, 2009.
Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad, Media Pengajaran. Bandung, Sinar Baru, 2001.
Rusman, Muhammad Uzer, Menjadi Guru Profesional. Bandung, Remaja Rosdakarya, 2000.
Trianto, Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta, Prestasi Pustaka, 2011.
Wassid, Iskandar dan Dadang Sunendar,
Published
2020-12-16
How to Cite
MARFIYANTI, MARFIYANTI; FITRIANI, Saparia; MAULIDA, Lona. INOVASI PENDIDIK PAI DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI KABUPATEN PADANG PARIMAN. Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 165 - 192, dec. 2020. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/40>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.55936/mauizhah.v10i2.40.