PENGARUH KOMUNIKASI INTERPESONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kasus Kelas VIII di SMP Negeri 3 Sungai Geringging)

  • Fifi Finasari STIT Syekh Burhanuddin Pariaman
  • Heri Surikno STIT Syekh Burhanuddin Pariaman

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik yang cenderung malas dan kurangnya motivasi dalam belajar. Berdasarkan analisis deskriptif data komunikasi interpesonal guru pendidikan agama islam yaitu 6 peserta didik yang mengatakan berada pada kategori rendah dengan presentase 17,14%, sebanyak 13 peserta didik berada pada kategori
sedang dengan presentase 37,14% dan 16 peserta didik pada kategori tinggi dengan persentase 45,71%. Komunikasi interpesonal guru pendidikan agama islam tergolong dalam kategori tinggi dengan pesentase 45,71%. Sedangkan hasil analisis data motivasi belajar peserta didik yaitu 3 peserta didik yang mengatakan berada pada kategori rendah dengan presentase 8,57%, sebanyak 26 peserta didik berada pada kategori sedang dengan presentase 74,28% dan 6 peserta didik pada kategori tinggi dengan persentase 17,14%. Dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar peserta didik tergolong dalam kategori sedang dengan pesentase 74,28%. Berdasarkan analisis inferensial melalui analisis regresi linear sederhana diperoleh Thitung > Ttabel (9,674 > 2,034) maka H0 ditolak
dan menerima Ha yang berarti terdapat pengaruh komunikasi interpesonal guru pendidikan agama islam dengan peserta didik terhadap motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 3  Sungai Geringging (Study kasus kelas VIII SMP Negeri 3 Sungai Geringging)

References

Ambarjaya,Beni S. Psikologi Pendidikan & Pengajaran Teori
& Praktek. (Yogyakarta : Tim Redaksi CAPS, 2012)
Departemen Agama RI, Al Quran Hafalan Mudah Tajwid
warna & terjemahan, (Bandung : Cordoba, 2020)
Harapan,Edi. Komunikasi Antarpribadi : Perilaku Insani
Dalam Organisasi Pendidikan (Jakarta :Rajawali Pers,
2016)
Hardjana,Andre. Komunikasi Organisasi : Strategi Interaksi
Dan Kepemimpinan (Depok : Rajawali Press,2019)
Hidayat,Rahmat. Ilmu pendidikan Islam : Menuntun Arah
Pendidikan Islam Indonesia. (Medan : Lembaga Peduli
Pengembangan Pendidikan Indonesia, 2016)
Lubis,Ramadan. Psikologi Agama. (Medan : Pedana
Publishing, 2018)
M. QuraishShihab, Tafsir Al Mishibah (Jakarta : Lentera Hati),
2002 Vol.8
Nafis,Muhammad Muntahibun. Ilmu Pendidikan Islam
(Yogyakarta :Teras, 2011)
Nurjan,Syarifan. Psikologi Belajar. (Ponorogo : Wade Group,
2016)
Ramayulis. Ilmu Pendididikan Islam. (Jakarta : Kalam Mulia),
2013
Salim Bahreisy dan Said Bahreisy, Terjemahan Singkat Tafsir
Ibnu Katsir, Jilid IV (Surabaya : PT Bina Ilmu, 1998)
Suranto AW, Komunikasi Interpersonal (Yogyakarta: Graha
Ilmu, 2011)
Widjaja, Ilmu Komunikasi: Pengantar Studi (Jakarta: Rineka
Cipta, 2000)
Published
2021-12-19
How to Cite
FINASARI, Fifi; SURIKNO, Heri. PENGARUH KOMUNIKASI INTERPESONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kasus Kelas VIII di SMP Negeri 3 Sungai Geringging). Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 1-23, dec. 2021. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/64>. Date accessed: 04 may 2024. doi: https://doi.org/10.55936/mauizhah.v11i2.64.