IMPLEMENTASI METODE BERNYANYI UNTUK MENINGKATKAN DAYA INGAT ANAK DALAM PENGENALAN HURUF HIJAIYYAH DI TK/PAUD IT INSAN MADANI SUNGAI SARIAK

  • Lidia Nusir STIT Syekh Burhanuddin Pariaman
  • Misbah Laila STIT Syekh Burhanuddin Pariaman

Abstract

Pengenalan Huruf Hijaiyah di TK/PAUD IT Insan Madani
Sungai Sariak dapat dilihat dari kemampuan anak dalam
menyebutkan huruf hijaiyah, dimana tidak semua anak dapat
mengenal huruf hijiayah dengan baik. Hal ini terlihat
beberapa anak salah mengucapkan huruf hijaiyah. Anak sering
lupa nama-nama huruf hijaiyah, anak belum bisa menyebutkan
dengan benar huruf hijaiyah yang ditunjuk oleh guru dan anak
belum mampu membedakan huruf hijaiyah yang bentuknya
hampir sama yang perbedaannya terletak pada tanda titik dan
tidak pakai titik, tanda titik satu dan memakai tanda titik dua.
Dalam mengenalkan huruf hijaiyah Guru juga menggunakan
media pendukung yaitu berupa kartu huruf dan poster yang
ditempelkan pada papan tulis dalam mengenakkan huruf
hijaiyah tetapi itu tidak membantu anak belum bisa mengenal
huruf hijaiyah dengan baik

References

Ade Fuji Pratiwi. Peningkatan Daya Ingat Anak Usia Dini
Melalui Media Mind Mapping Pada Kelompok B Di
Tk Islam Al-Muttaqin Kota Jambi. Dalam Jurnal
Program Studi PG-PAUD Universitas Negeri Jambi.
2017
Akbar, Elyyil. Metode Belajar Anak Usia Dini, Jakarta:
Kencana. 2020.
Arikunto, Suharsimi. Penelitian Suatu Pendekatan Praktek
Edisi Revisi V, Jakarta: PT. Rineka Cipta. 2002.
Aziz, Mursal dan Zulkipli Nasution. Metode Pembelajaran
Baca Tulis Al-Qur’an, Medan: CV. Pusdikra Mitra
Jaya. 2020.
Departemen Agama Republik Indonesia. Al-Qur’an dan
Terjemahannya, Bandung: Al-Muyyasar. 2016.
Guslinda dan Rita Kurnia. Media Sumber Belajar dan APE,
Surabaya: CV. Jaka Publishing. 2018.
Hasnida. Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini, Jakarta Timur:
Luxima. 2014.
Ibnu, Trianto Badar al-Tabany. Desain Pengembangan
Pembelajran Tematik bagi Anak Usia dini di TK/Ra
dn anak kelas awal SD/MI. Jakarta: Kencana. 2013
Madyawati, Lilis. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak
Usia Dini, Jakarta: Kencana. 2017
Masduki, Yusron dkk. Psikologi Pendidikan dan
Pembelajaran, Yogyakarta: UAD Press. 2019.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung:
Remaja Rosdakarya. 2009.
Muri’ah , Siti dan Khusnul Wardan. Psikologi Perkembangan
Anak dan Remaja, Literasi Nusantara. 2020.
Purwanti, Siti. Pengaruh Metode Tartil Terhadap Kemampuan
Daya Ingat Anak Usia Dini Penelitian pada siswa TKIT
As-Salima Kec Kaliangkrik Kab Magelang. 2018.
Rohmah, Noer. Psikologi Pendidikan, Surabaya: CV. Jakad
Media Publishing. 2020
Sri Katoningsih. Keterampilan Bercerita, Surakrta:
Muhammadiyah University Press. 2021.
STIT Syekh Burhanuddin Pariaman, Buku Panduan Skripsi,
Pariaman: STIT SB. 2020
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan
Kuantitatif, Kualitatif, Bandung: Alfabeta. 2012.
Susanto, Ahmad. Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta:
Kencana. 2011.
Syarifuddin, Ahmad. Mendidik Anak membaca, Menulis, dan
Mencintai Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani Press.
2004.
Undang-undang Sisdiknas No.20 Tahun 2013, Jakarta: Sinar
Grafika. 2011
Yulianti, Putri. ”Efektifitas Penggunaan Media Audio Visual Melatih
Pendengaran Dan Daya Ingat Anak Usia Dini Di Paud
Barunawati Kota Bengkulu.2019
Published
2021-12-19
How to Cite
NUSIR, Lidia; LAILA, Misbah. IMPLEMENTASI METODE BERNYANYI UNTUK MENINGKATKAN DAYA INGAT ANAK DALAM PENGENALAN HURUF HIJAIYYAH DI TK/PAUD IT INSAN MADANI SUNGAI SARIAK. Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 1-15, dec. 2021. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/66>. Date accessed: 04 may 2024. doi: https://doi.org/10.55936/mauizhah.v11i2.66.