URGENSI PENGEMBANGAN SOFT SKILS DI PERGURUAN TINGGI

  • Novia Yanti STIT Syekh Burhanuddin Pariaman
  • Roni Faslah STIT Syekh Burhanuddin Pariaman

Abstract

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Harvard
University, Carnegie Foundation dan Stanford Research
Center, Amerika Serikat mengatakan bahwa soft skill
bertanggung jawab sebesar 85% bagi kesuksesan karir
seseorang, sementara hanya 15% disematkan kepada hard skill.
Hal ini dikuatkan oleh kajian yang dilakukan Depdiknas RI
pada tahun 2009, yang menyatakan bahwa "kesuksesan
seseorang dalam pendidikan 85% ditentukan oleh soft skil.
Bahkan buku Lessons From The Top yang ditulis oleh Thomas
J. Neff dan James M. Citrin mengatakan bahwa kunci sukses
seseorang ditentukan oleh 90% soft skill dan hanya 10% saja
yang ditentukan oleh hard skill. Hasil penelitian tersebut,
menjadi prioritas utama bagi Perguruan Tinggi sebagai salah
satu penyedia tenaga kerja untuk membenahi kualitas maupun
fokus kurikulumnya

References

Anderson, Lorin W. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching
and Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of
Educational Objective. New York: David Mckay
Company, Inc
Borg, Walter R. 1978. Educational Research an Introduction.
New York: Longman, Inc
Elfindri. 2010. Soft Skill Untuk Pendidik. Bandouse Media
Joyce, B, dan Weil, M. 1980. Models Of Teaching.Englewood
cliffs, New Jersey: Prentice-Hall, Inc
Pawit M. Yusuf. 2009. Ilmu Informasi, Komunikasi, dan
Kepustakaan. Jakarta: Bumi Aksara
Published
2022-03-02
How to Cite
YANTI, Novia; FASLAH, Roni. URGENSI PENGEMBANGAN SOFT SKILS DI PERGURUAN TINGGI. Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 1-31, mar. 2022. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/68>. Date accessed: 04 may 2024. doi: https://doi.org/10.55936/mauizhah.v11i2.68.