Konsep Reward dan Punishment Dalam Pendidikan Islam

  • Nursyamsi Nursyamsi STIT Syekh Burhanuddin Pariaman

Abstract

Reward dan Punishment merupakan salah satu prinsip
pendidikan yang fundamental dalam agama islam. Prinsip –
prinsip pemberian reward dan Punishment diantaranya adalah
imbalan berfungsi sebagai pengarah dan peneguh respon
positif dan prilaku yang benar. Sedangkan hukuman atau
sanksi adalah untuk melemahkan atau menghilangkan respon
atau prilaku tertentu anak yang dipandang menyimpang.
Imbalan dan hukuman bukanlah tujuan, keduanya adalah
sarana untuk mengukuhkan dan menghilangkan perilaku
tertentu. Teknik pemberian reward dan punishment harus di
sesuaikan dengan kondisi peserta didik. Punishment bertujuan
sebagai pencegahan suatu kelalaian dari peserta didik, maka
reward di berikan sebagai motivasi dan juga penghargaan
yang di berikan kepada peserta didik. kedua -duanya bertujuan
untuk memperbaiki peserta didik dalam proses belajar
mengajar.

References

Al-RAsyidin, Falsafah Pendidikan Islami Bandung:
Citapustaka Media Perintis
Falah, Ahmad, Hadist Tarbawi Kudus: Nora Media
enterprise, 2010
Hardjono, Rainer, Kamus Populer Inggris Indonesia,
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2002
Istadi, Irawati, Agar Hadiah dan Hukuman Efektif,
Jakarta: Pustaka Inti, 2005.
Kompri, Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan
Siswa, Bandung: PT Remaja Rodakarya, 2015
Majid, Abdul, Pendidikan Karakter Perspektif Islam,
Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013
Marno dan M. Idris, Strategi, Metode, dan Teknik
Mengajar Yogyakarta: Ar-ruzz Media, 2014.
Muliawan, Jasa Ungguh, 45 model pembelajaran
spektakuler
Natta, Abuddin, Manajemen Pendidikan Punishment,
Jakarta: Rosda Karya, 2003
Purwanto, Ngalim, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis,
Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014
Rosyid, Zaiful, Reward dan Punishment Malang:
Cv.Literasi Nusantara Abadi, 2018
Safitri, Megawati, Konsep Reward Dan Punishment
Dalam Mendidik Anak Di Lingkungan Keluarga
Menurut Ajaran Rasulullah SAW, Skripsi,
Palembang: UIN Raden Fatah, 2017
Setiawan, Wahyudi, Reward and Punishment Perspektif
Pendidikan Islam. Al- Murabbi, Vol 4, No. 2,
Januari 2018
Woolfolk, Anita, Educational Psychology Aktive
Learning Edition, Terj: Helly Prajitno S. & Sri
Mulyantini S., Yogyakarta: Pustaka Pelajar,
2009
Published
2021-12-19
How to Cite
NURSYAMSI, Nursyamsi. Konsep Reward dan Punishment Dalam Pendidikan Islam. Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 1-26, dec. 2021. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/69>. Date accessed: 04 may 2024. doi: https://doi.org/10.55936/mauizhah.v11i2.69.