Hubungan Persepsi Santri Tentang Strategi The Power Of Two Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Santri

  • Abdul Kadir STIT Syekh Burhanuddin Pariaman
  • Nursyamsi Nursyamsi STIT Syekh Burhanuddin Pariaman

Abstract

Tujuan penelitian ini Untuk Mengetahui Strategi the power
of two dalam pembelajaran agama yaitu Untuk Mengetahui Hasil
belajar santri dalam pembelajaran agama islam. Untuk
Mengetahui Hubungan strategi the power of two dengan
kreaktivitas santri dalam pembelajaran agama islam. Untuk
Mengetahui Hubungan strategi the power of two terhadap hasil
belajar santri Metode yang di pergunakan dalam penelitian ini
adalah metode kuantitatif, setelah melakukan penelitian dan
membahas serta menganalisa masalah ini maka penulis
menemukan hasil bahwa Guru dalam melaksanakan strategi
belajar the power of two mampu menimbulkan kemampuan analisis
siwa melaui tanya jawab dan diskusi di kelas secara berkelompok
sehingga mampu melahirkan ide-ide baru. Kreativitas santri
terpacu ketika guru menggunakan strategi the power of two dalam
mata pelajaran tafsir. Sebaliknya, guru yang menggunakan strategi
the power of two telah berhasil menciptakan suasana belajar aktif,
melatih santri berfikir lancar, luwes, rinci dan orisinil. Hasil
belajar tafsir santri dengan strategi the power of two semakin baik
dengan respon santri postif

References

Ahmad, Abu, Strategi Belajar Mengajar . Bandung: Pustaka
Setia,1997
Bakry, Nazar, Tuntunan Praktis Metodologi Penelitian, Padang :
Cv. Paduan Ilmu Java, 1994
Cholid Narbuko dan Abu Achmadi, Metodologi Penelitian,
(Jakarta: Bumi Aksara, 2005.
Djamarah Syaiful Bahri dan Aswani, Strategi Belajar
Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta,2006.
Departemen Agama RI, Kegiatan Pembelajaran, Jakarta, 2003
http//www.Pengukuran Kreaktivitas/02/2014/html
Http//www. Analisa Chi Square/ 02/2014/html
Husni Rahim, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta :
Rineka Cipta, 2001
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung:
Remaja Rosdakarya, 2002
Muhibbin Syah,Psikologi Belajar, Jakarta:PT. Raja Grafindo
Persada, 2006
Moh. Nazir, Metode Penelitian, Jakarta: ghalia indonesia, 1998
Nana Sudjana, Dasar Proses Beajar Mengajar, Bandung: CV.
Sinar Baru, 1987
Nana Sudjana,CBSA dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung:
Sinar Baru, 1989
Oemar Hamalik, Kurikulum dan pembelajaran, Jakarta: Bumi
Aksara, 2001Abdul : Hubungan Persepsi...
224
Al Mau’izhah Vol. XII No.1 Jan– Jun 2022
Ramayulis, Metode Pendidikan Islam. Jakarta: Nusa media, 2006
S. Nasution, Metode Research( Penelitian Ilmiah), Jakarta: Bumi
Aksara, 1996
Shaleh, Abdul Rachman,Pendidikan Agama dan Keagamaan Visi,
Misi dan Aksi
Suharsimi arikunto, Metodologi Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta,
1991
Sumadi sauryabrata,Psikologi Pendidikan Jakarta: Raja Grafindo
Persada, 1998
Syarif , Duwaydar,www.alukah.net/social/0/5084/,di akses 17
maret 2011.
Syaiful bahri djamarah, aswani, Strategi Belajar Mengajar Jakarta:
Rineka Cipta, 2006
Tim Penyusun Kamus, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta:
Balai Pustaka, 1996
Published
2022-06-30
How to Cite
KADIR, Abdul; NURSYAMSI, Nursyamsi. Hubungan Persepsi Santri Tentang Strategi The Power Of Two Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Santri. Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 209-224, june 2022. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/93>. Date accessed: 08 may 2024.